Labuan Bajo – Jika anda berminat wisata ke Labuan Bajo, Anda tidak hanya akan mendapat pemandangan laut beserta keindahan karang yang tiada duanya. Jika mendaki adalah kegiatan favorit anda ketika berwisata, Maka Labuan Bajo memiliki beberapa padanan pulau yang bisa didaki. Salah satu spot pendakian terbaik di Labuan Bajo adalah Pulau Padar.

Di Pulau Padar Anda bisa mendaki sejauh kurang lebih 400 meter dengan jalur yang didominasi tangga. Ada sekitar 800 anak tangga dengan pemandangan yang mempesona disamping kanan dan kiri lajur tangga.

Saat pendakian mencapai 200 meter, Pelancong akan bisa melihat hamparan Pantai Pink atau Pink Beach yang ada di sisi kiri pulau Padar. Pesona laut dengan corak biru yang segar dipandang, merayu Anda untuk menyelam atau snorkling di perairan Labuan Bajo tersebut.

Di ketinggian 300 meter keatas, Anda akan bertemu pohon Bidara di tengah-tengah yang sering menjadi tempat berteduh pengunjung. Pohon itu jadi satunya-satunya tempat berteduh untuk duduk.

Lokasi Pohon Bidara juga jadi batas jalur anak tangga. Sebagian pengunjung memilih tidak melanjutkan perjalanan dan tetap duduk di sekitar pohon sambil menikmati semilir angin dan suara deburan ombak yang terdengar samar.

Menurut para pemandu wisata, jalur pulau Padar yang asli memang seperti itu, sebelum akhirnya dibuatkan tangga sekitar 4 tahun lalu karena jalurnya yang terlalu licin dan pernah membuat pengunjung jatuh.

“Jalur menuju puncak memang dibiarkan seperti aslinya lantaran terlalu kecil untuk dibuatkan tangga. Tak sampai lima menit, Anda bisa sampai ke puncak bukit Padar dengan hamparan tanah datar yang berpasir dan berbatu”, ujar pemandu wisata.

Total pendakian hingga ke puncak Padar hanya memakan waktu sekitar 15-20 menit, tergantung berapa lama Anda beristirahat.

Jika berkunjung menggunakan jasa trip satu hari dengan kapal dari agen perjalanan, Pulau Padar jadi destinasi pertama yang akan dikunjungi. Sebab letaknya yang paling jauh dari Pelabuhan KP3 Labuan Bajo.

Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih selama 2,5 jam sampai 3 jam menggunakan kapal kayu. Atau kurang dari 2 jam dengan speed boat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *