Sukabumi – Pemerintah Kabupaten Sukabumi mulai konsentrasikan untuk hadapi penilaian ulang UNESCO untuk status Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Pertama, anggaran Rp 940 juta disiapkan untuk pembuatan gerbang masuk atau gapura untuk masuk dalam kawasan geopark.

Saat ini, pengadaan gerbang Geopark Ciletuh Pelabuhanratu bernilai Rp 940 juta itu masih dalam tahapan tender. Rinciannya dapat dilihat di LPSE Kabupaten Sukabumi.

“Ini kita (dengan nilai itu) hanya konstruksi ke TPT cor beton sekarang sama saluran dengan HPS 940 juta. Masih tahap lelang sekarang. Mungkin untuk kontruksi di tahun sekarang, untuk kontruksi yang kita sebut tadi (tapi) bukan kaitan masuk ke gapuranya. Lebih ke pembukaan cut and fill dulu perataan bukit dulu,” Dedi menambahkan.

Kepala Dinas Permukiman, Dedi Chardiman membenarkan soal tender itu, menurutnya nilai itu sudah sesuai dengan regulasi harga dan telah memenuhi syarat lainnya. Bahkan menurutnya, program tersebut masuk kepada kegiatan strategis.

“Kan itu kita menyusun dokumen perencanaan sesuai dengan regulasi harga dan sebagainya. Namun, itu itu bagian dari kegiatan strategis, karena menjelang penilaian CPUGG (Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark) pada April tahun depan. Karena orang akan tahu manakala ada gerbang yang masuk ke kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Itu juga kita kebut (pembangunannya),” Tutup Dedi Chardiman.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *