Baru-baru ini, siapa yang tidak kenal dengan tempat wisata yang sedang hangat diperbincangkan di media sosial Instagram dan Twitter, dengan seruan hashtag #NepalVanJava.

Daerah yang digadang-gadang mirip seperti sebuah desa di Nepal tersebut berada di Dusun Butuh yang berlokasi di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dusun ini sangat ramai dibicarakan masyarakat Indonesia lantaran dusun tersebut dibangun tepat dibawah lereng gunung dengan keindahan panorama, serta suasana landscape yang mirip dengan sebuah perkotaan terkenal di negara Nepal.

Sama halnya dengan desa serupa di Negara Nepal yang memiliki jalur pendakian melewati Gunung Everest untuk mengakses desa tersebut, Tak kalah juga, Dusun Butuh memiliki Jalur Pendakian khusus yang berlokasi di Gunung Sumbing, yang merupakan Gunung tertinggi ke-3 di Pulau Jawa dengan ketinggian mencapai 3.3 Kilometer atau tepatnya 3371 meter.

Ada beberapa cara yang dapat anda tempuh untuk menuju Nepal Van Java (Dusun Butuh), salah satunya, yakni menggunakan transportasi umum yang tersedia disekitaran lokasi.

1. Jalur Penerbangan

Jika menggunakan pesawat, semua wisatawan domestik maupun internasional akan ditujukan pada bandara New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA).

2. Dilanjutkan Dengan Transportasi Darat Bus

Selanjutnya kamu bisa menggunakan bus (Damri) dari bandara NYIA ke Purworejo (27 km) 40 menit dengan harga tiket Rp. 20.000. Selanjutnya, disambung dengan transportasi Trans Jateng menuju pasar Krasak sejauh 24 km yang dapat ditempuh dalam 34 menit dengan harga tiket 4 ribu rupiah saja.

3. Naik Angkot ke Pasar Kaliangkrik


Sesampainya di pasar Krasak, pelancong atau wisatawan bisa menggunakan angkot kecil menuju pasar Kaliangkrik dengan mengocek biaya kurang lebih Rp. 5.000.

4. Tujuan terakhir, Pasar Kaliangkrik


Sampa dititik akhir perjalanan menuju desa Nepal Van Java, dari pasar Kaliangkrik, wisatawan bisa menggunakan jasa transportasi lokal seperti ojek pangkalan dengan tujuan akhir Dusun Butuh. Kocek yang harus dikeluarkan untuk transportasi terakhir ini berkisar Rp. 35.000-45.000 saja.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *