Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menggelar serangkaian ajang wisata dan pentas kesenian budaya pada Senin (27/9/2020). Agenda ini merupakan bagian dari rangkaian acara untuk memperingati Hari Pariwisata Sedunia, yang diperingati dalam tanggal 27 September tiap tahunnya.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Bantul, Gupiyanto, di Bantul, Selasa (15/9/2020), mengatakan, Kabupaten Bantul memiliki berbagai potensi destinasi wisata, baik berupa alam, budaya kesenian, kerajinan, maupun aktivitas masyarakat.

Sendratari Sang Ratu merupakan kisah tentang kewibawaan Kanjeng Ratu Kidul sebagai Penguasa Laut Selatan. Cerita berawal dari kemenangan Danang Sutawijaya  terhadap Arya Penangsang sehingga diberikan anugrah berupa Hutan Mentaok. Namun dalam perjalanan membangun hutan untuk dijadikan kerajaan, terdapat gangguan dari makluk tak kasat mata.

“Kita melaksanakan pentas seni yang bersumber dari budaya lokal yang ada di sekitar objek wisata itu sendiri,” ucap, Annihayah selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul.

Anni menyampaikan, pementasan sendratari yang diselenggarakan di Pantai Cemara Sewu kali ini membawakan frgamen tari perjalanan Nyi Roro Kidul. Hal itu sebagai respons atas cerita yang terkenal di Pantai Parangtritis dan sekitarnya dengan Ratu Kidul itu sendiri.

“Cerita besarnya adalah dalam rangka Nyi Roro Kidul membantu Panembahan Senopati untuk mendirikan Kerajaan Mataram. Nanti akan lebih detail kita melihat bagaimana suasana mistis magis yang terbangun ketika dua tokoh ini bertemu,” tuturnya.

Anni mengatakan bahwa penyelanggaran pentas budaya ini sudah dilaksanakan dua kali. Pertama bertempat di Gua Selarong dengan tetap mengeksplorasi budaya lokal yang ada di sana. Di Gua Selarong para pelaku wisata mementaskan fragmen tari tentang kepahlawanan Pangeran Diponegoro.

Rencananya, pementasan serupa masih akan dilakukan sekali lagi di Pantai Gua Cemara. Pementasan sendratari dari yang pertama hingga yang ketiga ini juga tetap memperhatikan protokol kesehatan, sehingga hanya disaksikan langsung oleh beberapa tamu undangan saja.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *